Bener neeh?…itu mungkin yang pantas diucapkan jika melihat perkembangan motor di Indonesia. Dan sepertinya pasar motor nasional kelas 150 cc 4 tak yang semula hanya dikuasai oleh Yamaha Vixion akan terganggu. Kenapa? Karena Honda, Suzuki dan Bajaj akan mencoba meramaikan kelas ini dengan memasukkan jagoan-jagoannya. Honda dengan Unicorn 150 (diprediksi akan menggantikan Megapro.. pernah dibahas di Kompas beberapa waktu yang lalu…tapi gw lupa kapan), Suzuki dengan GSR 150 (yang sudah dibahas oleh Bro Tri) dan Bajaj dengan Pulsar 150…wah makin rame nih….
Sekarang kita bahas satu persatu ya… Honda Unicorn ini diperkirakan akan menggantikan kehadiran Honda Megapro 160 atau pun akan mengisi line up produk dari AHM guna mengganggu pasaran Vixion yang sudah menjadi primadona kelas 150cc 4 tak. Suspensi yang dipasang berupa monosok, karburator sistem vakum (CV Type) dan head lamp yang mengingatkan kita pada Nova Dash mungkin akan bisa sedikit mengalihkan perhatian konsumen dari Vixion. Jika kita membicarakan harga, maka harga yang ditawarkan kepada konsumen mungkin tidak akan melebihi harga Megapro CW. Akan tetapi, jika memang harga yang dipasarkan ke konsumen hampir setara dengan Vixion, Unicorn akan sulit mengalahkan keperkasaan Vixion, kecuali orang yang sudah brand minded. Dengan harga IDR 19,400,000 vixion sudah memberikan teknologi yang canggih..injeksi booo. Nah, Unicorn gimana ???
Yang selanjutnya Suzuki GSR 150. Setelah sukses dengan FU 150 cc, mungkin Suzuki akan mencoba sedikit keberuntungan dengan memasarkan GSR 150 (kalo jadi masuk). Sedikit kita review GSR 150.. Dari segi penampilan, bagian buritan hampir menyerupai Bajaj Discover 135 DTS-i dan bagian depan menyerupai Honda Unicorn tetapi dengan headlamp yang agak monyong. Dengan pelek CW dan ciri khas suzuki, yakni dengan Cakram disebelah kiri yang mungkin bagi sebagian orang awam suatu keanehan (karena terbiasa dengan sebelah kanan kali yee…). Jika menyangkut harga, sepertinya palingan ga jauh dari FU 150…(berarti bisa saling bunuh nih…). Akan tetapi, produk ini masih abu-abu alias ga jelas kapan diluncurkannya..so, just wait and see okay..
Yang ketiga, Bajaj Pulsar 150 DTS-i. Produk Bajaj ini 11-12 dengan Pulsar 180 dan 200. Perbedaan yang paling mencolok alias yang bisa dilihat oleh mata telanjang adalah warna knalpot, desain jok belakang. Sedangkan untuk warna yaitu tadi, 11-12 dengan 180 terutama dalam hal cc karena mengalami Boredown.. Sedangkan teknologi yang ditawarkan, Pulsar 150 cc ini sudah injeksi dan bisa dikatakan merupakan pesaing paling dekat untuk Vixion. Akan tetapi, karena Bajaj adalah pemain baru di kelas ini di Indonesia, mereka akan butuh waktu lama untuk bisa mengalihkan perhatian konsumen yang sudah kadung jatuh cinta dengan Vixion. Jika berbicara mengenai harga, berapakah banderol yang akan dipasang oleh BAi untuk motor ini? dan mengapa keluarnya setelah 180, 200 dan 220? Apakah ini salah satu strategi BAI atau suatu keterlambatan membaca pasar?
Berikut tabel perbedaan yang berhasil gw rekam seadanya :
|
Honda Unicron |
Suzuki GSR 150 |
Pulsar 150 DTS-i |
Kapasitas |
149.1 cc |
149.5 cc |
149.00 cc |
Max power |
13.3 bhp @ 8000 rpm |
13.8bhp@8500rpm |
14.09 bhp@8500 RPM |
Max Torque |
12.8 Nm@ 5500 rpm |
13.4Nm@6000rpm |
12.70 Nm@ 6500 RPM |
Fuel system |
CV Type |
BS26 with TPS |
Injection |
Transmision |
5 Speed gear 1 Down – 4 Up |
6-speed (1-down, 5-up) |
unknown |
Tanki BBM |
13 L (res 1.3 L) |
Kira 14 L |
10 L (res 2.3 L) |
Front Brake |
Disc brake |
Disc brake |
Drum (Tromol) |
Rear Brake |
Drum (Tromol) |
Drum (Tromol) |
Drum (Tromol) |
honda unicorn 19 jutaan??
paling teknologinya masih gitu2 aja yak…
lampu belakangnya klo dari samping bentuknya hampir kayak CBR 150 yak..
Balq, itu Pulsar masing pake rem tromol depannya ? . . . sama ama Honda win dongk 😀
mantap …
permisiiiiii bro…
mau info oli terbaik didunia yg bikin kendaraan joossss…..kunjungi exl1.wordpress.com atau http://www.canada-oil.tk
Nice post.. 😉
terima kasih atas tanggapan teman atas blog saya yang masih ijo banget ini…
semoga saya sebagai pemilik blog ini bisa memberikan informasi-informasi yang menarik dan membantu kita semua..
penulis sangat mengharapkan kritikan-kritikan yang membangun atas blog ini…
kalo untuk yang DTS, menurut info yang saya baca dari websitenya memang masih drum.
mungkin untuk menekan biaya produksi..
kpAn mau klwar……….
kpn lounching nya…………
lebay banget sich yg buat vixion da injection,baru make injection dsatu motor aja bangga kami(Honda) sudah bnyk. 1)supra x PGM F-1 2) revo techno at dll….
salah tulis kali untuk pulsar pake drum(tromol)..
wong digambarnya aja ada piringan cakramnya gitu kok..
gak akurat nih tulisannya..
diperbaiki donk mas Iqbal..